Tuesday, July 7, 2015

Grojogan Sewu

Bermula dari ajakan seorang teman, saya memutuskan ikut perjalanan wisata singkat ini. Sebenarnya Bandung muncul sebagai ide awal destinasi. Namun karena bulan ini adalah Bulan Ramadhan yang artinya kemampuan mobilitas saya dan Tata yang kebetulan muslim terbatas karena dikhawatirkan akan membatalkan puasa, ditambah lagi budget kami pas-pasan untuk sekedar membeli tiket kereta ekonomi Yogyakarta-Bandung, akhirnya memutuskan mengubah haluan kami. Solo menjadi pilihan akhir setelah sebelumnya juga sempat muncul ide untuk ke Semarang.
 
Awalnya keraguan sempat menyergap dalam benak ini karena Solo tidak begitu banyak tempat wisata, terutama wisata alam. Setelah mencari informasi, kami menetapkan untuk berwisata kuliner dan wisata kota saja di kota ini. Sementara untuk wisata alam kami menjatuhkan pilihan pada Karanganyar yang jaraknya sekitar 30 km dari Kota Solo.  
The Double Trouble
Grojogan sewu menjadi titik awal dari destinasi perjalanan ini. Grojogan sewu adalah wisata air terjun yang terletak di daerah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hari itu Hari Minggu yang cerah ketika kami tiba di sana. Kami menduga bahwa tempat ini akan penuh sesak dengan pengunjung karena hari libur. Ternyata dugaan kami keliru. 

Di sepanjang jalan menuju pintu masuk dekat kios cenderamata, pasukan monyet liar mulai menyambut kami. Setelah membayar tiket masuk, kami memasuki area dan mulai menuruni tangga menuju spot air terjun. Konon, anak tangga di sini berjumlah 1250 anak tangga. Sesekali kami berhenti untuk mengabadikan momen. Suara air terjun lamat-lamat mulai terdengar di kejauhan. Setelah melewati area dimana terdapat warung makan dan tempat beristirahat, tibalah kami di titik air terjun berada.
The Famous Five
The Waterfall
Mengagumi air terjun ini dari jauh sudah cukup bagi saya. Alasannya banyak monyet liar berpatroli ke sana ke mari dan membuat saya merasa tak aman. Sementara geng pria mendekat ke air terjun, kami geng wanita justru pergi menjauh ke area warung makan dan memilih santai di situ. Haha.

Petualangan di Grojogan Sewu pun berakhir begitu saja tatkala kami diburu waktu untuk segera melanjutkan ke destinasi berikutnya : Candi Cetho. Perjalanan ini ditutup dengan menaiki tangga yang cukup melelahkan sampai akhirnya tiba di pintu keluar.



No comments:

Post a Comment

Thank you for reading and leaving your thoughts here. I enjoy reading every single one I got. So, keep them coming! :)