Monday, April 11, 2011

Bahasa Korea

Berhubung aku suka banget nonton drama korea dan kebetulan juga lagi belajar bahasanya, sekedar ingin sharing aja kata-kata yang muncul di drama. Hitung-hitung buat melatih pendengaranku juga. Lumayan membantu juga sih, hehe :)
Ini beberapa kata yang aku catat beserta artinya :

  • 다행이다! (da-haeng-i-da!) : untung saja... / ah leganyaa...
  • 엄청 감동이다 (eom-ceong gam-dong-i-da!) : aku benar-benar tersentuh
  • 마음대로 (ma-eum-dae-ro) : terserah! / lakukan sesukamu
  • 마음대로 비웃아라 (ma-eum-dae-ro bi-us-a-ra) : ejeklah sesuka hatimu
  • 잘 먹겠습니다 (jal meog-gess-seum-ni-da) : selamat makan
  • 맛있겠다 (mas-i-get-da!) : kelihatannya enak (belum dimakan)
  • 맛있다 (mas-it-da!) : enak (sedang dimakan)
  • 맛있게 주세요! (mas-i-ke ju-se-yo) : selamat menikmati (makan)
  • 잘 먹었습니다 (jal meog-oess-seum-ni-da) : ucapan setelah selesai makan
  • 먼저 일어나겠슴니다 (meon-jeo ir-eo-na-gess-seum-ni-da) : aku permisi duluan (ini biasanya digunakan sewaktu makan bersama-sama. jadi ceritanya kita udah selesai makan lebih dulu dan ingin beranjak duluan)
  • 걱정마/ 걱정하지마 (geok-jeong-ma / geok-jeong-ha-ji-ma) : jangan khawatir
  • 어랜만이야 / 어랜만이라  (eo-raen-man-i-ya / eo-raen-man-i-ra) : lama tidak bertemu
  • 왔어 (wass-eo) : kau datang (ini biasa banget di drama-drama)
  • 많이 기다렸니? (manh-i gi-da-ryeo-ni?) : nunggu lamakah?
  • 금방 왔어 (geum-bang wass-eo) : baru saja datang kok
  • 됐어 (dwaess-eo) : lupakanlah.. / biarin deh..
  • 잘 가라 (jal ga-ra) : selamat jalan / hati-hati di jalan
  • 잘 자라 (jal ja-ra) : selamat tidur
  • 잘 봐라 (jal bwa-ra) : semoga berhasil (biasanya buat ujian)
  • 대단하다! (dae-dan-ha-da!) : luar biasa...!
  • 아, 맞다! (a mat-da!) : O iya, benar!
  • 귀찮아 (gwi-canh-a) : ganggu deh... / how annoying!
  • 만세 (man-se) : horeee
  • 무슨 일있니? (mu-seun ir-i-ni?) : ada apa?
  • 무슨 말이야? (mu-seun mar-i-ya?) : apa maksudnya?
  • 이게 뭐야? (i-ge mweo-ya?) :  ini apa?
  • 마음에 들어 (ma-eum-e deur-eo) : aku suka
  • 마음에 안들어 ma-eum-e an-deur-eo) : aku gak suka
  • 들어오세요 (deur-eo-o-se-yo!) : silahkan masuk
  • 나 갈께 (na gal-kke) : aku pergi ( ini juga klasik banget di drama-drama)
  • 먼저 간다 (meon-jeo gan-da) : aku pergi duluan



No comments:

Post a Comment

Thank you for reading and leaving your thoughts here. I enjoy reading every single one I got. So, keep them coming! :)